Ban Mobil SUV Honda HR-V

Perkembangan mobil SUV akhir-akhir ini mulai bergairah. Diawali dengan peluncuran All-New Nissan X-Trail sampai yang paling menggemparkan yaitu peluncuran Honda HR-V. tanggapan pasar yang terbaik pada sebagian jenis ini mengisyaratkan orang-orang inginkan mobil yang dapat sedikit di ajak “bermain” di medan berat.

Ban Mobil SUV Honda HR-V
Honda JAZZ
Salah satu langkah lebih tinggi kekuatan SUV untuk bermain di medan berat yaitu dengan ganti ban. Pada segmen ini, type ban yang di tawarkan sedikit lebih bermacam dibanding dengan ban mobil sedan atau hatchback. Ban SUV jamak di tawarkan dalam pilihan type A/T, H/T, serta M/T. Tersebut disini penjelasan singkat tentang apa makna dari kode ban tadi. A/T yaitu akronim dari All Terrain, H/T yaitu Highway Terrain, lantas M/T yaitu Mud Terrain.

Peruntukan Semasing Jenis ban SUV

Sesudah tahu makna kode ban tadi, saat ini kita ber­anjak pada peruntuk­an semasing ban itu. Ban A/T memilik­i kekuatan untuk dipakai di beragam permukaan jalan, terbaik di jalan aspal ataupun di medan off-road yang condong enteng. “Ban ini dapat digunakan di jalan aspal, jalan bebatuan halus atau kerikil, dan jalan tanah yg tidak terlampau gembur, ” tutur Zulpata Zainal, Field Service Engineer PT Bridgestone Tire Indonesia.

Ban H/T atau pada sebagian ban tawarkan jenis HP yang bermakna Highway Performance, diperuntukan untuk SUV performa tinggi yang digunakan menguasai di jalan aspal dengan kecepatan relatif tinggi.

Paling akhir yaitu ban M/T, ban ini diperuntukan untuk medan berat seperti berlumpur atau bersalju, hingga pada ban M/T kerap diketemukan kode M + S (Mud + Snow) lantaran mempunyai cengkraman yang terbaik di ke-2 medan itu.

Tahu Type Ban SUV dari Design Telapaknya

Terkecuali tahu jenis ban dari kode yang tercantum pada ban, kita dapat juga me­ngetaui jenis ban SUV de­ngan lihat design alur talapaknya. Menurut Zulpata, ban A/T mempunyai design telapak yang tengah, tujuannya tengah yaitu paduan pada kembang­an kasar serta halus. Gabung­an design kembangan ini sangat mungkin ban A/T un­tuk melahap jalan aspal serta medan off-road enteng.

Andry Adam, Product Training Manager PT Goodyear Indonesia, Tbk, menjelaskan “ban H/T mempunyai celah relatif lebih rapat atau umum dimaksud Rib Jenis hingga tambah nyaman di jalan aspal serta tak berisik saat dipacu di kecepatan tinggi, lantaran tak ada banyak turbulensi angin saat ban berputar. ” Sedang ban jenis M/T mempunyai celah ban yang lebih lebar dibanding jenis A/T. “Celah ban yang lebar ini bermanfaat juga sebagai jalur pembuangan lumpur serta batu di telapak ban M/T, hingga terus dapat mempunyai aksi di jalan berlumpur.

Perawatan ban SUV pada intinya sama dengan ban jenis yang lain. Cermati desakan angin referensi pabrikan yang infonya umum ada pada pintu kendaraan. Perputaran ban dengan teratur sesuai sama referensi ban serta kerjakan kontrol kesetimbangan ban atau istilahnya balancing roda. Saksikan saat gunakan ban optimal atau TWI (tread wear indicator) ban serta patuhi dengan ganti ban waktu talapak menyentuh TWI.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ban Mobil SUV Honda HR-V

0 komentar:

Poskan Komentar