Honda Walking Assist Piranti

Produsen automotif asal Jepang yakni Honda, menggelindingkan program untuk menolong beberapa korban kecelakaan kendaraan dengan membuat alat yang dinamakan Honda Walking Assist Piranti (HWAD). Juga sebagai permulaan, program ini di luncurkan di Jepang serta bakal berlanjut ke beragam negara dalam satu tahun lebih ke depan.

Alat berteknologi tinggi itu di ciptakan dari hasil pengembangan robot humanoid Asimo. Banyak teknologi pada Asimo yang diwariskan ke alat itu.

Honda telah meningkatkan alat ini mulai sejak 1999 serta sampai saat ini sudah diuji cobalah di nyaris 50 rumah sakit dan sarana penyandang cacat di Jepang. Sekian seperti diambil dari Autoevolution.

Salah satu prinsip kerja HWAD yang juga dipakai pada robot Asimo yaitu pendulum terbalik. Alat ini dipakai dibawah pengawasan serta tuntunan dari dokter serta terapis. HWAD dioperasikan dengan tiga pilihan mode yaitu following, symmetric, serta step.

Untuk following mode, alat bakal bekerja dengan ikuti langkah jalan pemakainya. Symmetric, pemakai telah mulai dipandu oleh alat untuk lakukan beberapa gerakan spesifik seperti membungkuk atau memperluas renggangan kaki. Sesaat step, pemakai diarahkan untuk memulihkan manfaat paling utama dari kaki yaitu jalan dengan memercayakan tumpuan berat tubuh dari tumit ke telapak kaki, serta dari telapak ke jari.

Alat ini dilengkapi dengan sabuk yang bisa di-setting sesuai sama ukuran serta gerakan badan pemakainya dan frame juga sebagai penopang susunan tulang.

Honda bakal menyewakan 450 unit HWAD di Jepang mulai awal th. depan dengan cost USD363 atau sekira Rp4, 8 juta per bln..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Honda Walking Assist Piranti

0 komentar:

Poskan Komentar